Table Manner bersama PNC: membentuk self confidence dan karakter beretika dalam jamuan makan

pnc.universitaspahlawan.ac.id – PNC, Seiring perkembangan zaman, filosofi ‘makan’ tidak hanya sebatas mengisi perut (gastronomi) dan memenuhi kebutuhan gizi belaka, namun juga membentuk tatanan nilai dan etika dalam sebuah komunitas dan pergaulan. Sebagai salah satu praktisi kuliner dan kesehatan, Ahli Gizi juga perlu memahami dan menerapkan etika dan perilaku makan yang beradab.

Table Manner yang ditaja oleh PNC di Hotel Aryaduta Pekanbaru (Sabtu, 23/11/19) merupakan salah satu kegiatan untuk memperkenalkan dan melatih Ahli Gizi dalam memahami bagaimana etika makan yang baik khususnya dalam momen jamuan makan.

“Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa gizi selaku calon Ahli Gizi nantinya dapat menerapkan etika makan yang baik dan membentuk karakter yang santun khususnya dalam jamuan makan” tutur Besti Verawati, S.Gz, M.Si selaku ketua PNC yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini pandu oleh trainer dari Aryaduta Hotel dan diikuti oleh 98 orang mahasiswa S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Pelaksanaan Table Manner ini sendiri merupakan salah satu bentuk aplikasi dari mata kuliah Kuliner.

Trainer memandu kegiatan table manner

Dalam kegiatan tersebut tidak hanya dijelaskan cara makan dan menggunakan peralatan makan, namun juga bagaimana cara berpenampilan, bahasa tubuh, tutur kata dan sopan santun. “Dengan memahami bagaimana etika makan yang benar, kita akan memiliki self confidence tersendiri ketika menghadiri kegiatan formal khususnya dalam jamuan makan resmi dan internasional” jelas trainer yang memandu kegiatan tersebut.

Pada kegiatan tersebut, makanan yang dihidangkan adalah western food menu. Susunan menu tersebut antara lain appetizer (makanan pembuka) , soup (sup), main course (makanan utama ), dan dessert (makanan penutup).

Appetizer : Salad
Soup : Chicken Cream Soup
Main course : Beef Steak with mashed potato and vegetable
Dessert : Caramel Cream Pudding

Besti Verawati, S.Gz, M.Si menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan diawali dari hotel tour yang didampingi oleh tour guide Aryaduta Hotel yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan table manner. Table Manner ini berlangsung dari pukul 09.00 sd pukul 12.00. Setiap peserta dikelompokkan sekitar 7 hingga 8 orang di setiap meja. Kegiatan berjalan lancar, tertib dan menyenangkan. Diakhiri kegiatan, team PNC foto bersama dengan seluruh peserta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *