Seminar Kesehatan Membahas Pencegahan Stunting Secara Holistik

universitaspahlawan.ac.id , UP – Seminar kesehatan bertema “Pencegahan Stunting Secara Holistik” menjadi sorotan utama di kalangan mahasiswa dan tenaga medis. Acara yang diadakan oleh S1 Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan ini menghadirkan pemateri terkemuka, Profesor Hardinsyah MS PhD, Guru Besar Ilmu Gizi Divisi Gizi Terapan FEMA IPB University, serta Ketua Umum AIPGI & PERGIZI PANGAN Indonesia, Sabtu, 23 September 2023.

Stunting adalah masalah serius yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak yang tidak sesuai dengan usianya. Ini adalah isu yang perlu segera diatasi karena dapat berdampak pada kualitas hidup dan produktivitas anak-anak di masa depan. Oleh karena itu, seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pencegahan stunting secara holistik.

Profesor Hardinsyah MS PhD, yang telah lama berkecimpung dalam bidang ilmu gizi, menjadi pemateri utama dalam seminar ini. Beliau membahas pentingnya pemahaman gizi yang baik dalam mencegah stunting, serta berbagi penelitian dan pengalaman dalam upaya pencegahan stunting.

Selain itu, ada dua narasumber lain yang memberikan wawasan berharga dalam acara ini. Besti Verawati, S.Gz., M.Si, dan Wanda Lasepa, S.Gz., M.Gz., keduanya merupakan dosen dari Universitas Pahlawan yang ahli dalam bidang gizi. Mereka membahas peran penting nutrisi dalam pertumbuhan anak-anak, serta memberikan informasi praktis tentang pola makan seimbang.

Seminar ini dihadiri oleh ratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, tenaga medis, dan masyarakat umum yang peduli dengan kesehatan anak-anak. Para peserta sangat antusias mengikuti diskusi dan tanya jawab yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang upaya pencegahan stunting.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Pahlawan, Nur Afrinis, M.Si , mengungkapkan harapannya bahwa acara ini akan menjadi langkah awal dalam meningkatkan kesadaran dan tindakan untuk mencegah stunting di masyarakat.

Seminar “Pencegahan Stunting Secara Holistik” ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam mengatasi masalah stunting di Indonesia. Dengan pemateri dan narasumber berkompeten, serta antusiasme peserta, diharapkan pesan tentang pentingnya pemahaman gizi dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan anak-anak akan terus tersebar luas dan membawa dampak positif dalam masyarakat.

Mutiara Hatika

Leave a Reply

Your email address will not be published.