Fakta Seputar ‘Susu’

pnc.universitaspahlawan.ac.id – PNC, Susu merupakan salah satu produk pangan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang lezat dan kaya akan zat gizi yang baik untuk kesehatan menyebabkan pangan ini menjadi salah satu referensi konsumsi pangan harian sebagian besar orang di seluruh penjuru dunia. Secara umum susu merupakan salah satu bahan pangan sumber protein yang dikelompokkan menjadi 2 yaitu susu cair dan susu bubuk. Sedangkan susu kental manis sebenarnya tidak bisa dikategorikan sebagai golongan susu karena secara komponen mengandung sebagian besar gula yang diperkaya dengan sedikit susu dan vitamin serta mineral. Susu cair lebih bergizi dari pada susu bubuk.

Menurut Prof Made Astawan, 35% lemak yang terdapat pada susu dapat menyebabkan kenaikan kolesterol sedangkan 65% tidak, namuan hal ini tidak berlaku secara umum pada semua orang. Konsumsi 2 gelas susu sehari dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium. Kandungan kalsium dalam satu gelas (250 ml) susu yaitu sekitar 1.250 mg.

Selain membantu dalam terapi gizi hipertensi, susu juga berperan dalam mengatasi gejala sulit tidur. Kalsium pada susu dapat meregulasi otot polos dengan memelihara kinerjanya. Apabila kinerja otot polos terpelihara dengan baik maka metabolisme akan sedikit melambat dalam batas normal dan akan membantu proses relaksasi tubuh sehingga tercapainya proses tidur yang nyenyak. Asam amino triptofan yang terdapat pada susu berperan sebagai precursor serotonin. Serotonin merupakan neurotransmitter yang bertanggung jawab terhadap transfer impuls – impuls saraf ke otak dan berperan dalam menginduksi rasa kantuk, relaksasi, efek ringan meredakan sakit. Serotonin kemudia diubah menjadi hormone melatonin. Hormone melatonin ini memiliki efek regulasi terhadap relaksasi tubuh dan rasa kantuk sehingga dapat menyebabkan tercapai proses tidur yang lelap. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *